Capaian Pembelajaran

CPL – SIKAP DAN NILAI

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Mempunyai ketulusan, kesungguhan, komitmen, dan motivasi
    untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan kemampuan peserta didik yang dilandasi oleh akhlak mulia dan nilai-nilai kearifan lokal demi
    kemaslahatan masyarakat.

 

CPL – PENGETAHUAN

  1. Menguasai keterampilan Bahasa Inggris, yaitu listening, speaking, reading dan writing, menguasai sistem bahasa Inggris yaitu tata bahasa, linguistik, dan analisis wacana, serta Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) dan ilmu kesusastraan.
  2. Menguasai teori pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA).
  3. Menguasai teori pedagogik dan pengembangan materi ajar yang sesuai dengan bidang keilmuan serta memahami konsep perkembangan peserta didik.
  4. Menguasai ilmu dasar morfologi, semantik, sintaksis dan analisis wacana.
  5. Mampu menjelaskan kaidah penelitian dan kegiatan ilmiah dalam bidang ilmu Bahasa dan pengajaran Bahasa Inggris.
  6. Menguasai teori dan konsep bisnis manajemen, manajemen operasional, manajemen pemasaran dan manajemen keuangan serta pengelolaan sumberdaya.
  7. Menguasai Information Communication and Technology (ICT) dan mampu memanfaatkannya dalam konteks pengajaran Bahasa Inggris.
 

CPL – KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan Menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarism.
  10. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta mampu berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global.
  11. Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarism.
  12. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian.   
  13.  Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.                                                            

 

CPL – KETERAMPILAN KHUSUS (KEHASAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS)

  1. Mampu menunjukkan kecakapan berbahasa Inggris setara dengan CEFR level B1 dan mampu menerapkan ilmu tata Bahasa, linguistik, analisis wacana dan ilmu kesusastraan.
  2. Mampu menunjukkan kemampuan mengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).
  3. Mampu menerapkan teknik dan metode pembelajaran, konsep manajemen kelas, pengembangan materi ajar, dan ilmu pedagogik yang sesuai dengan bidang keilmuan serta dan menjadi Role Model bagi peserta didik.
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pengajaran Bahasa Inggris.
  5. Mampu menerjemahkan teks umum, teks akademik, dan naskah karya sastra baik dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, maupun dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia baik secara lisan maupun tertulis.
  6. Memiliki jiwa wirausaha (Enterpreneurship) di bidang pengajaran Bahasa Inggris dan mampu mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan wirausaha serta mengevaluasi aktivitas wirausaha secara komprehensif.
  7. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran Bahasa Inggris serta menyajikan beberapa alternatif solusi sebagai bahan pengambilan keputusan.